Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Bab 3
Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik
(E-Commerce)
Kelompok 3
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa
orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit.
Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis
yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer
mereka masing-masing melalui Internet. Definisi yang sempit seperti ini
mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas batas perusahaan saja
yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce.
Jika suatu transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini
akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis
elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan,
karena kebanyakan orang menganngap bisnis elektronik dan perdagangan elektronik
sebagai suatu hal yang sama.
Banyak operasi
perusahaan adalah internal, dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang
bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran,
dan lain-lain. Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau
pelanggan ke bidang-bidang organisasi yang lain. Dalam definisi luas kita ini,
suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis
komputer, dan antar muka (interface)
sebuah browser. Web akan memenuhi
persyaratan sebagai perdagangan
elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
E-Commerce
bisnis-ke-konsumen business-to-consumer-B2C) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk. E-Commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu
pada transaksi antar bisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen
akhir. Sebagai contoh, dalam rantai distribusi, dari produsen ke distributor ke
toko eceran ke konsumen, seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang
lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,
yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B
melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di
dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang
yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan
sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi
tersebut. Karena transaksi terjadi antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat
relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi. Satu transaksi antara sebuah
produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan
dolar.
Transaksi B2C
membutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Konsumen mungkin tidak memiliki
keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs Web harus memberi
intruksi dan bantuan. Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi
telepon yang lambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi.
Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C (sistem B2B pada umunya
mendapatkan informasi pembayaran dalam sistem yang terpisah dari sistem
perdagangan elektronik). Semua perbedaan ini digabungkan sehingga mensyaratkan
situs B2C memiliki waktu download dengan
cepat, intruksi untuk navigasi situs, kereta belanja yang dapat diisi dan
dikurangi sebelum pembelian aktual, dan metode untuk menyimpan profil
penggunaan (alamat, nomor baru kartu kredit, dan semacamnya). Situs-situs
seperti WWW.180FLOWERS.COM, WWW.HOMEDEPOT.COM, WWW.USP.GOV (Jasa Pos AS) telah dikenal banyak
peninjau situs Web sebagai situs yang dirancang dengan cukup baik untuk
transaksi B2C.
Pemerintah juga
semakin meningkat partisipasinya alam pemerintahan
elektronik (yang terkadang disebut e-gov).
Masyarakat Carolina Utara dapat terhubung dengan situs Clik@DMV yang terdapat
pada halaman Web Departemen Kendaraan Bermotor (WWW.DMV.DOT.STATE.NC.US)
untuk memperpanjang nomor polisi kendaraan mereka. New York (WWW.NYC.GOV) memungkinkan warganya membayar
denda parkir dan beban-beban lainnya secara online.
Direktorat Jendral Pajak AS (Internal
Revenue Service WWW.IRS.GOV) memberikan
berbagai macam layanan, mulai dari pengisian formulir pajak penghasilan secara
gratis hingga kelas-kelas online guna
membantu para wajib pajak menghitung pajak mereka.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari
E-Commerce
Perusahaan melaksanakan
e-commerce untuk dapat mencapai
perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan
merupakan hasil dari manfaat utama.
·
Perbaikan layanan pelanggan sebelum,
selama, dan setelah penjualan.
·
Perbaikan hubungan dengan pemasokan
dan komunikasi keuangan.
·
Peningkatan imbal balik ekonomis
atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Kendala-kendala E-Commerce
Ketika ditanyakan
mengenai alasan dari kehati-hatiannya, perusahaan menyebutkan tiga kendala yaitu
:
·
Biaya yang tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan
·
Peranti lunak yang belum mapan atau
belum tersedia
Masing-masing
kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya
teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya akan
menurun. Hukum Moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer setiap 18 bulan.
Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biaya e-commerce akan menurun.
Keamanan adalah
satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya
menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus
untuk akses yang tidak terotorisasi. Jaringan-jaringan ini telah terbukti
sangat aman bagi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan seperti
VeriSign (www.verisign.com) telah
menambah langkah-langkah aman yang membawa tingkat kepercayaan yang lebih
tinggi bagi transaksi-transaksi internet.
RUANG
LINGKUP E-COMMERCE
E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk
aktifitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce telah
mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahunnya
selama lima tahun terakhir. Lebih dari 21 persen penjualan pabrik produksi AS
($843) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce. Hampir 17 persen
penjualan dari distributor ($730 miliar) adalah e-commerce.
E-commerce memiliki arti penting khususnya bagi
beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase
dollar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.
Jalan Menuju E-Commerce
Ketika sebuah
perusahaan merasa sebuah manfaat yang diharapkan lebih besar dari pada biaya
dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut
menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu
pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk
menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan
pertama-tama harus memperoleh kecerdasan (business intelligence)
sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan
dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi
bisnis (business intelligence/ BI) adalah aktifitas pengumpulan
informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan
perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak
harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis
data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
Lexis-Nexis (www.lexisnexis.com)
memberikan informasi hukum, keuangan, dan pemerintah dari berbagai macam
sumber. Dialog (www.dialog.com) meliputi
berita, bisnis, pemerintah, dan sumber-sumber lain. DowJones.com (www.dowjones.com) menawarkan berbagai
macam informasi mengenai masalah-masalah keuangan. Global eXchange Service (www.gxs.com) menjual jasa yang ditujukan pada
pengintegrasian transaksi-transaksi elektronik untuk rantai pasokan global.
Perusahaan
menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena
ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber
informasi. Reuters (www.reuters.com) dapat
mencari dari menganalisis media berita untuk subjek-subjek yang menjadi
perhatian bagi sebuah perusahaan dengan lebih efektif dan efisien dari pada
yang dapat dilakukan sendiri oleh kebanyakan perusahaan.
ThomasNet (www.thomasnet.com) adalah salah satu
contoh dari sebuah basis data yang memberikan sejumlah besar informasi secara
gratis dan juga memberikan jasa dengan mengenakan biaya. Thomas Register
memberikan indeks untuk lebih dari 170.000 perusahaan AS dan Kanada dan dapat
digunakan untuk memperoleh informasi mengenai produk dan pemasoknya. Semua
catatan memberikan nama, alamat, nomor telepon, dan kode industri untuk
perusahaan-perusahaan tersebut, sekaligus juga nama merek, merek dagang, dan
uraian produk-produk perusahaan.
Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (search engine)
adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok
kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs
web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di
situs-situs web tersebut. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan mesin
pencari untuk menemukan ketersediaan kamar hotel (Figur 1). Dalam asumsi kita,
program-program khusus yang membuat indeks situs dan menciptakan direktori
kategori situs akan dianggap sebagai sub bagian dari mesin pencari. Konsumen
yang tertarik dalam e-commerce B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan
menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon vendor. Mesin pencari lalu
memperkirakan seberapa bermanfaat situs yang mengandung kata-kata yang dicari
dan menyajikan penanya dengan alamat-alamat situs web dan dokumen-dokumen yang
memuat kata-kata yang telah dipilih.
Yahoo! (www.yahoo.com),
Excite (www.excite.com), Alta
Vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com), Google (www.google.com), dan AskJeeves (www.askjeeves.com) adalah sebagian kecil
situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk
mencari informasi yang dapat diakses melalui web. Situs-situs kemudian
diorganisasikan dengan cara yang akan membuat mereka untuk mudah digunakan.
Pencarian dapat dilakukan secara sederhana atau menggunakan fitur-fitur yang
lebih canggih untuk mencari kombinasi kata-kata kunci yang rumit. Tidak ada
biaya untuk menggunakan mesin-mesin pencari ini. Akan tetapi, ada beberapa
organisasi yang membayar perubahaan mesin pencari untuk menampilkan
produk-produknya di dalam daftar hasil pencarian.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTER
ORGANISASIONAL
Masalah dalam
menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberfapa kemungkinan
solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana
unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang
diberikan untuk strategi ini adalah sistem inter organisasional (inter
organizational system/ IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan
untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic
data interchange (pertukaran data elektonik). Kedua istilah di atas sering
kali saling bertukar penggunaan, tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI
dianggap sebagai sub kumpulan dari suatu sistem inter organisasional.
Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu
sistem inter organisasional. Ekstranet, yang serupa dengan internet tetapi
terbatas hanya untuk mitra-mitra bisnis yang terpilih dan terpercaya, di
beberapa organisasi mulai menggantikan EDI.
SISTEM
INTERORGANISASIONAL
E-commerce merupakan
suatu hal yang fundamental bagi sistem inter organisasional. E-commerce dan
EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem inter organisasional.
Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis
untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi
informasi untuk bersaing. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan
komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya, dengan sedikit
kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan
vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi system
interorganisasional.
Manfaat IOS
Sekutu dagang
dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat
merealisasikan dua manfaat penting, efisiensi komparatif dan kekuatan
penawaran.
EFISIENSI KOMPARATIF. Dengan bergabungnya
dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan
tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa
dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan
para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
·
Efisiensi
internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri,
sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan
cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
·
Efisiensi
inter organisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja
sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan
menawarkan lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan,
memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan, dan
mengumpulkan data lingkungan dengan lebih murah.
KEKUATAN PENAWARAN. Kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan
perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan
ini diambil dari tiga area dasar dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik
dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan
meningkatkan biaya perpindahan.
·
Fitur-fitur
produk yang unik. Hubungan-hubungan
elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih
baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan pesanan yang lebih mudah,
pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon yang lebih cepat dalam permintaan
informasi. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi suatu fitur dari produk-produk
perusahaan, membuatnya menjadi lebih menarik dari pada produk-produk serupa
yang ditawarkan oleh pesaing.
·
Menurunkan
biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. Dengan tergabung dalam suatu IOS,
perusahaan dapat menurunkan biaya belanja yang ditanggung oleh para
pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk
alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah. Karena perusahaan adalah
pelanggan bagi pemasoknya, perusahaan dapat merealisasikan pengurangan biaya
belanja yang sama ketika memesan dari para pemasoknya.
·
Meningkatkan
biaya perpindahan.
Sebuah perusahaan ingin membuat mahal, baik itu biaya dan atau kemudahan, bagi
para pelanggannya untuk berpindah ke perusahaan pesaingnya. IOS mencapai
manfaat ini dengan memberikan para pelanggannya sumber daya informasi seperti
peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan harus
diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.
Penambahan
persediaan oleh vendor
adalah suatu jenis IOS khusus di mana pelanggan memberikan cukup
kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya untuk mengakses sistem persediaan
yang berbasis komputer yang dimilikinya. Hal ini mengharuskan perusahaan
memberikan akses basis data kepada pemasok. Sebagai perlindungan, perusahaan
dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif
dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja, bukannya
keseluruhan sistem basis data perusahaan.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung
komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.
Transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik
ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung
untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI,
dan lain-lain).
EDI
adalah implementasi dominasi dari
suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e-commerce
dilaksanakan dengan menggunakan EDI,
Jika dibandingkan dengan alternative-alternatif IOS lainnya. Meskipun EDI
lebih mhal (membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000 untuk sambungan
selama setahun dengan satu vendor atau pelanggan) dan merepotkan dari pada
system komunikasi IOS yang lebih
baru, EDI tetap merupakan metode yang
terdepan.
Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah
cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya
informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan
menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet.
Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun
juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet
sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras
komunikasi yang lebih mahal yang terkait dengan EDI.
Sekutu-Sekutu Bisnis Proaktif Dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan
untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalan cara
proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan
proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam
jaringan. Para partisipasi pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif,
menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
·
Tekanan
kompetitif. Ketika
suatu perusahaan dalam posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika
asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan
akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
Peneliti-peneliti baru-baru ini telah mengusulkan bahwa tekanan kompetitif
adalah alasan yang paling sering melatarbelakangi penerapan EDI oleh
perusahaan.
·
Penggunaan
kekuasaan. Ketika
sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain, ia akan
proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki kekuasaan
yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para sekutu
dagangnya mempergunakan IOS atau berbisnis di tempat lain.
·
Kebutuhan
internal. Ketika
perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara
untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan
atas IOS dengan cara yang proaktif.
·
Dukungan
manajemen puncak.
Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara proaktif ataupun
reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika
manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak
berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
·
Mengurangi
kesalahan. Dengan
tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang masuk ke dalam sistem,
kesalahan entri data dapat dikurangi. Sebuah studi oleh EDI Grup Ltd.
menemukan bahwa tingkat kesalahan dapat diturunkan dari 10 persen data yang
dimasukkan tanpa menggunakan EDI hingga 5 persen dengan menggunakan EDI.
·
Menurunkan
biaya. Penurunan
biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang
berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual
penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi. Penurunan biaya untuk semua
jenis dokumen dapat sebesar $1,30 hingga $5,50 per dokumen, dan jumlah tersebut
bisa lebih besar lagi untuk pesanan-pesanan pembelian.
·
Meningkatnya
efisiensi operasional.
Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan inter organisasional sebagian
besar dimungkinkan oleh EDI dan ekstranet. Dengan mengganti dokumen
kertas pada masing-masing aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan
terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.
·
Meningkatnya
kemampuan untuk bersaing.
Kombinasi antara turunya biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang
dimungkinkan oleh IOS, menjadikan para pesaing makin sulit untuk
menyamai produk-produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang ditawarkan.
·
Memperbaiki
hubungan dengan sekutu dagang. Melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan
sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungan yang baik sebagai suatu
produk sampingan dari aktifitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa
mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan
bersama.
·
Memperbaiki
layanan pelanggan.
Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respon lebih
cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan. Ketika digabungkan dengan
berkurangnya tingkat kesalahan dan kemudahan bagi pelanggan dalam belanja
produk, hasilnya adalah membaiknya layanan pelanggan.
STRATEGI B2C UNTUK
E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat
nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 % dari nilai
e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce
B2C menjadi begitu penting? Dua alasannya adalah semakin banyaknya jumlah
produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya
pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian
menggunakan web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer
rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih
praktis. Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit,
telah digantikan dengan penerimaan.
Produk-produk Digital
Beberapa produk
dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia
hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari
internet. lagu, album, film, dan produk-produk serupa dapat dibeli dari
situs-situs web seperti Sony (www.sony.com).
Lending Tree (www.lendingtree.com)
memungkinkan para penggunanya mendapat hipotek dan melakukan pendanaan kembali
rumah mereka melalui internet.
Satu perbedaan
utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui
web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan
lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelinya.
Sebagai contoh, musi yang anda download harus ditempatkan dalam suatu file atau
pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainnya. Pelanggan, bukannya
penjual, membayar media tersebut. Pembeli produk digital menanggung biaya
transaksi yang substansial dilihat dari segi biaya computer, biaya koneksi
online, media penyimpanan, dst.
Produk-produk Fisik
Barang-barang
fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan ke
pelanggannya. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan katalog telah
menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil
alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan. Kantor Pos AS memberikan
beberapa kelas pengiriman tergantung pada ukuran dan berat barang yang dikirimkan.
Pos paket sering kali menjadi jasa yang paling murah yang diberikan, tetapi
biasanya membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama.
Berkembangnya perusahaan-perusahaan
pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx dan UPS telah secara langsung
membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan perusahaan-perusahaan
lainnya, memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif dengan harga yang
berbeda-beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada pelanggan dalam waktu 24
jam dari hampir seluruh lokasi di dunia. Dapat diberikan pula metode yang lebih
lambat dari standar sehingga memungkinkan pelanggan mengurangi biaya pengiriman
yang harus dibayarkan. Perusahaan yang bergerak dalam e-commerce dapat tinggal
menggunakan jasa perusahaan pengiriman surat/barang swasta daripada memberikan
jasa itu sendiri.
Penjulan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (vurtual
sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak
mengoperasikan tempat penjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko
dimana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan
memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat
membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan
biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan
menghasilkan pengiriman produk.
Satu kesulitan
yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan
informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya
adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan
mengkomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan memakan waktu.
Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan
sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang
relatif sedikit. Situs web Office Depot (www.officedepot.com)
adalah contoh yang baik dari strategi ini.
Perbandingan
produk di dalam sebuah toko fisik akan dibantu oleh seorang pelayan toko. Suatu
situs web dapat memberikan informasi yang sama dan jika dirancang dengan baik,
memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menavigasi ke produk yang
diinginkan, situs web akan memberikan link ke produk-produk lain yang
serupa, tinjuan produk yang dilakukan oleh para pakar dan pelanggan-pelanggan
lain, gambar dan uraian fisik produk, dan informasi lainnya. Beberapa pelanggan
menghargai sentuhan manusia dalam proses penjualan, namun situs web dapat
memberikan informasi yang jauh lebih banyak dari pada kebanyakan pelayan toko.
Penjualan campuran terkadang disebut
sebagai operasi brick and clik. Kebanyakan perusahaan memiliki tempat
berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya.
Office Depot memiliki tempat berjualan sebelum penjualan melalui internet
dimungkinkan. Toko-toko tersebut juga bertindak sebagai etalase bagi
produk-produk mulai dari meja dan kursi hingga pensil dan kertas. Bebrapa
produk seperti kursi memiliki kemungkinan lebih besar untuk dijual kepada
pelanggan dapat berinteraksi secara fisik dengannya.
Pada waktu yang sama, Office Depot
ingin menawarkan kemudahan berbelanja bagi para pelanggannya melalui web.
Penjualan B2C berarti bahwa Office Depot dapat menyimpan persediaan yang
lebih sedikit di toko-tokonya. Office Depot dapat membangun toko-toko yang
lebih kecil (yang mengurangi biaya operasinya) ketika dibutuhkan toko-toko
baru. Di toko-toko yang sudah ada, ruangan yang lebih besar dapat diberikan
pada produk-produk yang aktif terjual, yang selanjutnya memberikan hasil
penjualan yang lebih besar bagi toko-toko tersebut.
Pemerintah Elektronik
Pemerintah juga dapat mengambil
manfaat dari e-commerce. Salah satu contoh adalah Polk Country di
Florida. Kantor Pajak Polk Country menggunakan layanan online untuk
melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak
adalah cara lain pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang
belum dibayar. Pemerintah daerah akan menentukan kapan pembelian sertifikat
dapat mengklaim properti jika pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan.
Jika pemilik properti membayar dan memenuhi persyaratan sertifikat pajak, maka
pemilik akan tetap memiliki propertinya. E-commerce dapat memberikan
keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi publik dan swasta.
LANGKAH
E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile
commerce atau in commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan
asisten digital pribadi (personal digital assistant/ PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya
teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital,
istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation/ 3G)
telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu
memindahkan data.
Aplikasi-aplikasi awal m-commerce
meliputi layanan berita, transaksi atau pengumuman informasi keuangan, dan
perbankkan. Pembelian tiket bioskop dan pembayaran parkir adalah dua aplikasi
yang mulai diterima di Eropa dan Jepang. Penjualan eceran mengalami pertumbuhan
yang lambat, tetapi nampaknya pembayaran m-commerce di restoran-restoran
cepat saji mulai banyak diterima.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Hot spot internet cukup memadai untuk
penggunaan web umum maupun pribadi, namun memeriksa e-mail di sebuah
kedai kopi Starbuck adalah suatu cara yang kurang memadai bagi para profesional
bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi
kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui
sebuah poin akses nirkabel suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter
dari akses poin tersebut. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai
melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon seluler akan
memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua
tempat.
Kebebasan dan
kecepatan seperti itu tidaklah gratis. Pertama, harus membeli kartu seluler
untuk laptop mereka untuk mengakses sinyal seluler. Kedua, tagihan akses
jaringan bulanan dapat sebesar $80 per bulan atau lebih. Akan tetapi, jika kita
memikirkan bahwa biaya akses modem kabel ke koneksi data berkecepatan tinggi di
rumah membutuhkan biaya sebesar $50 atau lebih, biaya ekstra yang harus
dikeluarkan bisa jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan tidak membutuhkan
modem kabel dan mampu mengakses internet di semua lokasi di kota Anda.
MENGGUNAKAN
INTERNET
World Wide Web
World wide web,
yang disebut juga sebagai web dan www, adalah informasi yang dapat diakses
melalui internet di mana dokumen-dokumen hyper media (file-file komputer)
disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode
penentuan alamat yang unik. Istilah internet dan world wide web sering
kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama. World wide web adalah
kumpulan komputer yang bertindak sebagai server isi atau kandungan yang
menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks,
grafik, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan
dokumen-dokumen lain di dalam web.
·
Situs
web. Sekumpulan halaman web (biasanya
terdapat pada satu komputer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file
hyper media yang dapat diakses dari komputer lain di dalam jaringan melalui
link hyper text.
·
Link
hyper text.
Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk
mengakses hyper text yang disimpan di semua alamat situs web.
·
Halaman
web. Suatu file hyper media yang
tersimpan pada satu alamat situs web yang unik.
·
Home
page. Halaman
pertama suatu situs web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau
dari home page.
·
Browser. Peranti lunak yang dirancang untuk
menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa hyper
teks (hyper text markup language/ HTML).
·
Universal
resource locator (URL). Alamat untuk suatu situs web.
·
Protokol. Sekumpulan standar yang mengatur
komunikasi data. HTTP (hyper text transport protocol) adalah
protokol untuk hyper text. Protokol umum web lainnya adalah FTP (file
transfer protocol). Di dalam suatu URL, nama protokol akan
diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//)
·
Nama
domain. Alamat
di situs web di mana sebuah halaman web disimpan.
·
Path. Suatu direktori atau sub direktori
dan file tertentu di situs web. HTML (atau HTM) adalah
akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hyper text.
Netscape
navigator adalah browser
awal yang digunakan untuk melihat kandungan web dan masih dipergunakan
hingga saat ini. Browser intenet yang paling populer adalah Internet
Explorer dari Microsoft.
FILE TRANSFER PROTOCOL. Dengan file transfer protocol (FTP), para
pengguna dapat menyalin file ke komputer mereka dari semua situs web.
Banyak situs FTP menawarkan pemindahan data dalam satu dirokteri saja.
Beberapa perusahaan membuat situs FTP di luar premis utama mereka untuk
memberikan file yang membuat informasi produk, update piranti
lunak, rilis berita, dan informasi lain. Data yang sensitif tidak disimpan di
situs di luar premis, dan lalu lintas internet yang memiliki volume besar
tidak akan mengganggu operasi perusahaan karena sumber daya komputer perusahaan
secara fisik terpisah dari situs di luar premis.
CYBER
SPACE DAN SUPER HIGH WAY INFOMASI
Istilah cyber
space diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakannya
dalam bukunya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi. Kini, cyber space berarti dunia internet
dan world wide web.
Istilah super high way informasi digunakan dalam
konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak
akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan
suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah informasi yang
terdapat dalam masyarakat modern kita. Analogi super high way itu
sendiri sangat berguna. Pengguna yang menggunakan super high way informasi
memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas
hambatan yang membutuhkan sebuah kendaraan. Keduanya akan melibatkan biaya
pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar Internet
Salah satu alasan
utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para
pengguna komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai
satu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun.
Seorang pengguna dengan PC Dell atau work station Sun dapat
mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan Power Book
Apple.
Masyarakat internet
dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet secara
komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar
internet kepada internet engineering task force/ IETF. sedangkan
standar web berasal dari world wide web consortium (W3C).
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dapat
digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,
termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Protokol web
dan browser juga lebih mudah untuk dipelajari dan dipergunakan dari pada
bahasa query yang normalnya digunakan untuk mengambil informasi basis data.
Internet Software
Consortium (www.isc.org) telah membuat
grafik peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal 1990-an,
menjadi lebih dari 353 juta pada bulan Juli 2005. Domain-domain baru ini
mencerminkan kemungkinan pelanggan-pelanggan, pemasok, dan sekutu-sekutu bisnis
baru.
E-commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Rumah sakit telah
melakukan sebagian besar pembelian mereka secara online. Manfaat
ekonomis dari pembelian online sebagai pengganti dari pembelian manual
hanya berkisar 5 persen jika dibandingkan dengan keuntungan yang direalisasikan
dari semakin kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standarisasi produk yang
lebih baik, membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan
manajerial lainnya.
Rumah sakit dapat
menggunakn suatu protokol standar seperti internet untuk menggantikan EDI,
yang membutuhkan sambungan yang terpisah di antara setiap vendor dan rumah
sakit. Cap Gemini Ernst & Young telah merangkum suatu bursa perdagangan
klinis (clinical commerce exchange) yang digunakan melalui internet
sebagai ganti dari EDI.
Global Healthcare
Exchange (www.ghx.com) membantu
rumah sakit mengimplementasikan bursa perdagangan klinik. Perusahaan ini telah
membantu satu klien, Cape Fear Valley Health System di Carolina Utara,
dalam membuat satu sambungan bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam
waktu satu jam.
Kecepatan dan
kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan. Akan tetapi, pengalaman dari Cape Fear Valley System menunjuk
pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Kecepatan dan efisiensi bursa
perdagangan memungkinkan pembeli mencari alternatif-alternatif yang lebih hemat
biaya.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis
web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian rantai ritel
besar telah hadir di web. Banyak peritel membuat home page mereka yang
dapat secara langsung diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk
bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual
mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali
dan ditemukan dari pada nama toko mereka masing-masing. Cyber Town Mall (www.cybertown.com/malldir.html)
dan 24 Hour Mall (www.24hourmall.com) adalah
dua kumpulan toko seperti itu.
Beberapa operasi
ritel juga mengubah wajah informasi web. Autobytel.com,Inc (www.autobytel.com) menawarkan persediaan
mobil, pendanaan, asuransi, dan layanan-layanan lainnya. Amazon.com (www.amazon.com) telah berkembang dari
hanya menjual buku menjadi menawarkan music, video, barang-barang elektronik
bahkan mainan, dan permainan. Statistik pembelian online juga menarik.
Lebih dari 70 persen pengguna internet melakukan pembelian online selama
setahun. Trendnya adalah semakin banyak belanja online. Satu survei pada
tahun 2003 oleh Harris Interactive (www.harris-interactive.com)
menemukan bahwa konsumen berusia 8 hingga 21 tahun menghabiskan 14 persen
penghasilan mereka secara online.
SARAN-SARAN
KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
1.
Pastikan
situs web Anda kuat.
Ketika Anda memberikan komitmen pada suatu proyek web, bersiaplah pergi ke luar
halaman web dan mengaitkan basis data Anda dengan web melalui aplikasi-aplikasi
Anda. Hal ini memungkinkan Anda mengintegrasikan web ke dalam sistem informasi
berbasis komputer yang Anda miliki dari pada hanya menggunakannya sebagai satu
cara untuk menyediakan dan mendapatkan informasi. Integritas dengan basis data
perusahaan adalah satu hal yang penting.
2.
Pastikan
browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. Hal ini akan memungkinkan Anda
menangani perkembangan di masa mendatang dan memberikan akses cepat bagi para
pengguna.
3.
Menekankan
isi. Jangan terjebak pada gambar,
audio, dan video sehingga Anda melupakan saran utama dalam menyediakan
informasi. Untuk isi yang kuat, tidak ada yang dapat mengalahkan naratif dan
tampilan bentuk tabel.
4.
Sering
diperbarui.
Mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu
datang kembali. Pembaruan setiap hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi
banyak perusahaan.
5.
Melihat
di luar pelanggan.
Gunakan internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsur lingkungan
perusahaan kecuali pesaing tentunya.
6.
Tujukan
isi pada kebutuhan spesifik pengguna. Mendorong pengunjung untuk mendatarkan nama, alamat, dan
minat mereka pada situs Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk
menyesuaikan halaman situs Anda sesuai dengan kebutuhan pengguna.
7.
Menjadikan
internet intuitif.
Lakukan segala hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs web Anda secepat
dan seefisien mungkin. Jangan terlalu banyak menggunakan grafik, karena akan
memperlambat tampilan. Ingat, rancang antar muka dari sudut pandang pengguna,
bukan perusahaan.
8.
Berada
di lokasi web yang tepat.
Jika situs web Anda tidak menghasilkan lalu lintas sebanyak yang Anda harapkan,
pertimbangkan untuk mengaitkannya dengan situs-situs lain, seperti situs
asosiasi perdagangan dan industri dan organisasi-organisasi profesional.
9.
Ciptakan
rasa kebersamaan.
Libatkan penggunaan dalam situs Anda dengan memberikan kesempatan bagi mereka
untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya. Gunakan situs-situs interaktif
web seperti sistem papan buletin dan e-mail.
10. Carilah
bantuan jika anda membutuhkannya. Pekerjaaan Web adalah pekerjaan yang
sangat terspesialisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Raymond
McLeod Jr dan George P. Schell.2008. “Sistem informasi Manajemen”.
Jakarta:Salemba Empat.
http://kumpulanmakalahsim.blogspot.co.id/2014/05/e-commerce.html
Komentar
Posting Komentar