Pentingnya Sistem Informasi Era Digital


ARTIKEL PENTINGNYA SISTEM INFORMASI DI ERA DIGITAL

PERPUSTAKAAN DIGITAL

Di era globalisasi seperti sekarang ini masyarakat terutama mahasiswa sangat membutuhkan informasi, hal itupun juga tak lepas dari peran perpustakaan sebagai pemberi informasi. Perpustakaan adalah sarana yang sangat vital dalam membangun SDM (sumber daya manusia) yang cerdas. Perpustakaan dari zaman ke zaman mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hal itu di pengaruhi oleh kebutuhan para pembaca dan kemajuan zaman yang sangat pesat.
      Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi yang keberadaannya sangat penting di dunia informasi. Dalam penyampaian informasi tersebut perlu ada perpaduan dari jaringan komputer, komunikasi, data dan interaksi dengan pengguna lainnya. Sehingga muncul lah suatu sarana pembelajaran Digital Library. Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang menyimpan informasi dalam bentuk digital untuk disebarluaskan kepada pengguna, yang mana informasinya terus-menerus mengalami perubahan secara signifikan dan dapat di akses lewat jaringan.
      Dengan adanya pepustakaan digital, sumber informasi yang hanya satu examplar dapat dibaca secara bersama-sama dalam waktu yang sama pula. Tidak ada istilah “menunggu” sampai koleksi tersebut dikembalikan dan baru bisa dipinjam. perpustakaan digital telah mengubah bentuk koleksi dari cetak menjadi digital. Disamping itu, kelemahan dari perpustakaan digital adalah koleksi yang tidak selalu ada di tempat dan apabila servernya sedang “down” maka sumber informasi tersebut bisa jadi tidak bisa diakses.
      E-library berperan dalam pembelajaran formal dengan menyediakan bermacam pengetahuan yang lebih banyak memberikan materi dalam bentuk media (multimedia, simulation). E-library memberikan kesempatan kepada setiap orang yang ingin mengembangkan pengetahuannya, tanpa terbatas ruang dan waktu. Kelebihan penggunaan perpustakaan digital yaitu : (1) tidak dibatasi ruang dan waktu, (2) penggunaan informasi lebih efisien, (3) lebih akurat, (4) keaslian dokumen terjamin, (5) jaringan perpustakaan yang lebih luas, (6) biaya pengadaan koleksi dan pemeliharaan menjadi lebih murah dan efiseien.
      Kekurangan Digital Library jika dilihat dari perpektif sosial yaitu : (1) kurang adanya interaksi langsung antar sesama, baik  anggota perpustakaan, maupun pihak-pihak lain karena tidak terdapat struktur sosial yang tertanam di dalam hubungan antar anggota, (2)  mengharuskan untuk mengkoneksikannya dengan internet, (3) pengguna masih banyak yang lebih menyukai membaca teks tercetak dari pada membaca teks elektronik, (4) proses digitalisasi dokumen membutuhkan waktu yang tidak cepat, (5) jika terjadi pemadaman listrik, digital library yang tidak dilengkapi dengan jenset atau UPS tidak dapat beroperasi seperti sebagaimana layaknya digital library.
      Keberadaan e-library semakin melengkapi dan memperkaya perpustakaan tradisional. Keduanya tidak dipisahkan, bahkan harus berkoalisi untuk melengkapi satu sama lain, sehingga muncul paduan yang mempunyai keunggulan dalam menyediakan layanan kepada pengguna dalam tingkat yang lebih tinggi.

Daftar Pustaka



http://novayaturrahmi.blogspot.co.id/2016/05/perpustakaan-digital.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM

BAB 2 SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Pentingnya Sistem Informasi di Era Digital